Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi

Cara menghilangkan plak pada gigi - Gigi merupakan salah satu oragan yang sangat vital bagi hidup kita. Karena setiap hari kita memerlukan makan dan mengunyah menggunakan gigi kita. Bayangkan saja bila gigi kita sudah rusak dan sering sakit, akan sangat mengerikan bukan. Oleh sebab itu kita harus selalu menjaga gigi kita agar tetap sehat sampai kita tua nanti. 

Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi

Tips untuk merawat gigi agar tetap sehat bukanlah hal yang sulit dilakukan. Disini saya akan sedikit berbagi ilmu yang saya tahu tentang bagaimana cara menghilangkan plak pada gigi secara alami. Tips atau cara untuk membersihkannya juga harus kita lakukan setiap hari, terlebih lagi bagi orang yang memiliki kebiasaan meminum kopi atau perokok juga.

Sebelum kita bahas cara untuk membersihkan plak yang menempel pada gigi, tidak ada salahnya bila kita ketahui terlebih dahulu penyebab datangnya plak yang menempel pada gigi kita. Penyebab terjadinya plak pada gigi adalah sebagai berikut :
  • Kurang rajinnya membersihkan gigi alias kurang rajin gosok gigi
  • Kurang bersih saat menggosok gigi
  • Terlalu sering memakan atau minum manis seperti permen, kopi, coklat dan teman-temannya
  • Jarang berkumur
  • Merokok (baca tips berhenti merokok)
Bila anda juga merupakan salah satu diatas, maka segeralah sadar...bahwa gigi Anda butuh pertolongan. Bagaimana cara menolongnya? lakukan kegiatan berikut ini yang juga merupakan tips untuk menjaga gigi dari karang dan plak gigi. Dan cara yang saya ambil ini juga termasuk cara yang alami dan tidak memberikan efek samping ya. 

Cara menghilangkan plak pada gigi

Sikat gigi/ menggosok gigi secara teratur 
Kegiatan yang satu ini hukumnya sangat wajib ya karena ini adalah kebutuhan paling pokok untuk gigi kita Gosoklah gigi secara teratur dan menggosok secara benar dengan alur yang benar pula. terutama pada bagian yang paling sering menggiling makanan. Intinya menggosok gigi secara merata setiap hari (lebih disarankan sebelum dan setelah tidur)

Berkumur setelah makan
Berkumur setelah makan juga merupakan hal yang sangat perlu di perhatikan karena setelah makan, sisa-sisa makanan akan bersembunyi diantara celah-celah gigi Anda. Untuk itu setelah Anda makan sebaiknya berkumurlah dengan air, dan bila ada berkumur langsung dengan menggunakan obat kumur (Mouth wash)
Perbanyak minum air putih
Jangan salah, air putih juga merupakan salah satu alat untuk membersihkan sisa makanan yang masih hinggap di celah-celah rongga gigi Anda.
Mengunyah permen karet yang bebas gula
Mengunyah bukan berarti memakan ya, :D. Mengunyah permen karet juga merupakan cara yang cukup cerdas untuk membantu membersihkan gigi dari kotoran penyebab terjadinya plak dan karang pada gigi Anda. Terus mengunyakan akan sedikit membantu membersihkan kotoran yang masih tersisa di gigi. Tetapi diusahakan menggunakan permen karet yang bebas gula ya. Supaya lebih sehat dan aman bagi kesehatan.

Makan apel 
Tidak hanya apel tetapi buah-buahan dan juga sayuran akan memberikan vitamin bagi gigi Anda. Konsumsilah secara teratur ya...biar tambah sehat giginya.

Flossing
Istilah flossing adalah membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Pasti tahu kan kegiatan ini? Membersihkan gigi dengan benang juga termasuk cara yang cukup sehat dan alami untuk mendapatkan gigi yang bersih dan sehat. Dari pada Anda menggunakan kayu lebih baik bila menggunakan benang ya.
Gunakan pasta gigi khusus
Bila Anda ingin mendapatkan bersih yang lebih maksimal maka gosoklah gigi Anda dengan pasta gigi yang khusus untuk membersihkan gigi yang lebih efektif dan lanjutkan dengan menggunakan obat kumur.
Cek secara berkala ke dokter gigi (6 bulan sekali)
Saran yang terakhir ini juga merupakan kegiatan yang wajib ya, terlebih setiap 6 bulan sekali kalian harus bisa datang secara teratur agar bisa melihat kesehatan gigi mu dengan benar. Bila ada gejala kerusakan Anda akan cepat tanggap.

Mungkin hanya itu beberapa tips tentang cara membersihkan plak pada gigi secara alami. Bila ada yang memiliki tips lain bisa menambahkannya di kotak komentar dibawah ini agar kita semua bisa lebih tau. Ok makasih sampai disini ya semoga tips dari saya ini bisa memberikan hal yang positif bagi kesehatan gigi kita.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di http://www.bambumuda.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Lagi Trend